Terapkan Kebiasaan Ini untuk Mencegah Kolesterol Tinggi

Kadar kolesterol dalam tubuh yang tidak terkontrol adalah pemicu utama penyakit jantung dan peredaran darah. Oleh karena itu, penting untuk selalu memantau dan menjaga kadar kolesterol agar tetap normal. Tanpa perlu menghabiskan banyak waktu dan biaya, berikut beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencegah kolesterol tinggi:

  1. Kurangi Konsumsi Makanan Tinggi Lemak Trans

Lemak trans dapat meningkatkan kolesterol jahat sekaligus menurunkan kolesterol baik dalam darah. Akibatnya, kolesterol akan menumpuk pada pembuluh darah dan membentuk plak. Hal ini membuat aliran darah menuju jantung terhambat, sehingga kamu berisiko terkena penyakit jantung, stroke, hingga gagal jantung.

  1. Olahraga Rutin untuk Jaga Berat Badan

Jangan langsung stres ketika dokter menyarankan kamu untuk menurunkan berat badan. Sebab sebenarnya, kamu tidak perlu diet mati-matian sampai menahan lapar seharian, kok. Mulai saja dulu dengan berolahraga rutin. Olahraga yang dilakukan secara rutin tidak hanya menjadikan tubuh semakin bugar, tetapi juga menjaga kolesterol tetap normal. Sebagai permulaan, cobalah olahraga aerobik seperti joging atau bersepeda minimal selama 30 menit setiap harinya, sebanyak 5 kali dalam seminggu.

  1. Jadwalkan Medical Check-Up dengan Dokter

Melalui medical check-up, kamu dapat menjalani pemeriksaan kolesterol untuk memantau apakah kadarnya masih normal. Selain itu, medical check-up juga penting bagi orang dengan riwayat kolesterol tinggi, untuk memantau adanya risiko penyakit jantung, stroke, aterosklerosis, diabetes, dan penyakit kronis lainnya yang berkaitan dengan kondisi pembuluh darah.

  1. Konsumsi Makanan yang Mengandung Inulin dan Beta-Glukan

Inulin adalah jenis serat yang banyak terkandung dalam sayuran dan bahan nabati, sedangkan beta-glukan dapat ditemukan dalam biji-bijian seperti gandum. Kedua serat pangan ini dikenal dapat membantu turunkan kolesterol dan menjaga kadarnya tetap normal. Jadi, perbanyaklah konsumsi sayuran, biji-bijian, dan gandum, dalam pola makan sehari-hari kamu, ya.
.
.
.

sehatbarenggoldg #sehat #gold g #jellygamatgoldg #infosehat #diabetes #diabetestinggi #diabets #goldg #gamatcenter #gejalakolestrol #liburan #makanenak #liburpanjang #goldg #health #asamurat #asamurattinggi #gout #uricacid #obatasamurat #asamuratkronis #diabetes #penyakitjantung #jantung #kolestrol #obatkolestrol #obatdiabetes

Leave a Comment